Selasa 15 Nov 2011 08:38 PM -

ALAT PERMAINAN EDUKATIF ANAK USIA DINI

  • PERTIMBANGAN DALAM PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF

APE didesain untuk kepntingan pendidikan, yaitu upaya mengoptimalkan potensi kemanusiaan serta peserta didik. karena itu, kita tidak bisa memilih APE secara sembarangan dan asal sebab pada akhirnya hal ini justru dapat kontraproduktif dengan tujuan pendidikan itu sendiri. terkait dengahal ini, ada beberpa hal yang perlu diperahatikan dalam memilih bahan dan peralatan belajar dan bermain anak, antara lain :

  1. ditunjukan untuk AUD, dapat berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan anak. alat permainan edukatif harus dirancang sesuai dengan rentang usia AUD. contoh puzzle yang dibuat dengan sesuai usia anak. aspek-aspek perkembangan yang dapat dikembangkan adalah aspek fisik motorik (halus dan kasar) emosi,sosial,bahasa,kognitif dan moral
  2. dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk (multiguna. meski APE memiliki kekhususan untuk mengembangkan aspek perkembangan tertentu, akan tetapu APE tersebut juga dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan. contohnya : balok bangunan dengan berbagai warna,macam bentuk dapat disusun sesuai dengan kehendak anak.
  3. aman bagi anak. APE dirancang dengan memperhatikan tingkat keamanan dan keselamatan anak, mislanya dalam penggunaan cat. yang dimana cat yang digunakan tidak mengandung racun dan tidak mudah mengelupas. jika menggunakan sudut mainan tidak runcing melainkan tumpul agar tidak membahayakan anak.
  4. dirancang untuk mendorong aktivitas dan kreativitas. APE juga mendorong anak untuk beraktivitas dan berkreasi. dengan APE yang ada anak dirangsang untuk aktif dalam mencoba mebuat suatu yang baru.
  5. dapat meningkatkan budaya berkelompok, diatara fungis APE adalah mengembangkan aspek sosial. untuk itu, pemilihan APE juga sangat diperlukan melihat aspek sosial dari alat tersebut. misalnya dapat digunakan bersama-sama untuk menumbuhkan nilai sosial yang diterapkan dilingkungan anak-anak.
  • JENIS ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERDASARAKAN TEMPATNYA

APE berdasarkan pada penempatannya , dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok,yaitu APE indoor atau outdoor

kategori APE indoor adalah APE jenis manipulatif, artinya APE yang dapat dimainkan anak dengan diletakkan di atas meja, dapat dibongkar pasang,dijinjing. APE jenis ini contohnya antara lain : puzzle,balok,kotak pos,noneka dll


kategori APE outdoor adalah APE yang dimainkan anak untuk bermain bebas,sehingga memerlukan tempat yang luas dan lapang. pada umumnya ditujukkan untuk anak mengembangkan jasmani atau motorik kasar,bersosialisasi dan bermain kelompok. contohnya tangga pelangi,jungkitan,ayunan,papanluncur dls.