Senin 05 Mar 2012 12:58 AM -

Software Wajib Mahasiswa Teknik Mesin Produksi/Industri

Materi kuliah di Teknik Industri/Mesin Produksi menuntut seorang mahasiswa untuk mempelajari beberapa software yang dipergunakan dalam proses pembelajaran .Mahasiswa teknik industri adalah seorang mahasiswa yang berhadapan dengan sistem. Mereka mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasi, maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun. Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.

Perkuliahan di jurusan teknik industri mengambil learning model proses manufaktur, yakni sebuah aktivitas yang mencakup proses penentuan bahan baku, produksi, hingga dipasarkan. Ada tiga komponen inti penyusun kompetensi seorang teknik industri. Yakni production engineering, human engineering, dan operation science. Komponen tersebut saling melengkapi dan tidak bersifat meniadakan satu sama lain. Berikut adalah beberapa software yang bermanfaat dan sering digunakan dalam proses belajar mengajar atau perkuliahan teknik industri, antara lain :

1. Sistem Produksi

Beberapa software terkait yakni winQSB dan MPS (dalam bentuk microsoft excel). Modular dalam winQSB yang terkait antara lain agregate planning, forecasting, inventory theory and system, job scheduling, dan material requirements planning (MRP). Strategic Forecasting juga merupakan salah satu alat bantu untuk peramalan komputer. Software lain yang terkait untuk quantitative methods, production, dan operation management adalah POM for Windows dan QM for Windows.

2. CAD-CAM (Computer Aided Design – Computer Aided Manufacturing)

Menggambar mesin (menggambar teknik), desain gambar alat ergonomis, hingga simulasi proses permesinan bisa dilakukan dengan bantuan beberapa software berikut ini, AutoCAD, Solidworks, Catia, Emcodraft (bersifat under DOS), dan MasterCam.

3. Simulasi

Proses simulasi secara spesifik baik untuk aktivitas permesinan, antrian dan lainnya dapat dilakukan dengan bantuan Promodel, stella, i-think, Arena, Dynamo, Vensim (Ventana Simulation), Powersim, simul8.com, awesim, GPSS, SIMAN, SIMSCRIPT II.5, SLAM II hingga modular Simquick yang terdapat dalam microsoft excel. Bahasa C/C++, pascal, fortran, Basic juga dapat digunakan untuk membuat alat bantu simulasi.

4. Pemodelan Visual

Proses pembuatan diagram alir (flow chart), peta proses operasi, peta tangan kanan dan tangan kiri, DFD (data flow diagram), ERD (entity relationship diagram), IDF 0, OOD (object oriented diagram) serta diagram lainnya dapat dibuat dengan bantuan Microsoft Visio. Adapun software lainnya yang spesifik untuk membuat pemodelan visual sebuah sistem informasi hingga dapat secara otomatis dibuat database adalah Sybase Power Designer. Sedangkan untuk membuat pemodelan dengan bahasa unified modelling language (UML) adalah Rational Rose. Bahasa UML bermanfaat untuk pembuatan sistem informasi.

5. Mind Mapping

Mind mapping juga merupakan pemodelan yang bersifat visual atau simbol. Lebih banyak digunakan untuk permasalahan yang menyangkut manajemen dan organisasi. Metode mind mapping merupakan metode yang diperkenalkan oleh seorang pakar bernama Tony Buzan pada tahun 1970 (bersifat licensed). Metode tersebut akan melatih untuk memecahkan masalah dengan memetakan seluruh komponen yang terlibat. Tetapi bukan pada takaran yang bersifat teknis. Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping secara instant antara lain iMindMap, freemind, Visual Mind dan Mind Manager.

6. Database

Pembuatan database dapat memanfaatkan Microsoft Access, mySQL, dan Oracle. Pembuatan laporan dalam database sebuah sistem informasi bisa dengan bantuan Seagate Crystal Report.

7. Sistem Informasi

Untuk membuat antarmuka atau interface dan programming sebuah sistem informasi dapat dilakukan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa C, basic dan delphi. Aplikasi yang sering dipakai antara lain Microsoft Visual Basic, FoxPro, dan Borland Delphi. Semua jenis sistem informasi dapat dibuat dengan software-software tersebut, baik yang bersifat transaksional, office, SIM (sistem informasi manajemen), DSS (Decision Support System) hingga sistem yang bersifat expert (sistem pakar atau AI/artificial intellegence). Sedangkan software lain yang bersifat ERP (Entreprise Resources Planning), dimana mencakup semua sistem informasi di semua aktivitas organisasi/perusahaan, yang cukup terkenal adalah SAP (System Apllication and Products). Merupakan software berlisensi yang cukup mahal, pabrikan asli dari Jerman. Juga bersifat modular untuk pelatihannya, mulai dari sesi fundamental, modul akuntansi, sales and distribution (SD), warehouse. Sedangkan versi lain dari ERP & CRM (Customer Relationship Manager) yang bisa diunduh dan diimplementasikan secara free adalah Compiere. Dimana perusahaan penyedia dan pabrikan aslinya hanya menjual cara instalasi dan pelatihan / training.

Untuk membuat aplikasi web yang mendukung sistem informasi, kini sudah tersedia berbagai program aplikasi yang mudah digunakan daripada menggunakan bahasa pemrograman web seperti bahasa html, xml, asp hingga php. Kini sudah tersedia aplikasi mudah untuk membuat web dengan CMS (Content Management System) seperti Joomla, phpTriad, phpNuke dan WordPress.

Khusus membuat sistem informasi geografis dapat menggunakan ArcGIS, MapInfo atau ArcView.

8. Bahasa Pemrograman

Penting untuk pembelajaran kuliah bahasa pemrograman atau algoritma pemrograman. Untuk pembelajaran dasar, umumnya digunakan bahasa pemrograman yang bersifat dasar dengan bahasa pascal melalui Turbo Pascal. Dahulu awalnya bahasa tersebut dipelajari dengan aplikasi berbasis under DOS. Tetapi sudah ada yang berbasis windows yakni Turbo Pascal Windows (TPW). Sedangkan bahasa lain yang bisa dipergunakan mulai dari bahasa basic, C, hingga Java. Sedangkan untuk proses matematik yang lebih rumit dapat juga dipergunakan Matlab dan Maple. Dan untuk algortima genetik, dapat menggunakan aplikasi softwaer GA (Genethic Algorithme)

9. Manajemen Proyek

Ada 4 metode dasar penjadwalan dalam manajemen proyek. Yakni dengan Gant Chart, PERT (Program Evaluation and Review Technique), CPM (Critical Path Methode) dan Preseden Diagram. Software winQSB dapat digunakan untuk aplikasi manajemen proyek karena terdapat modular network modeling dan PERT_CPM. Sedangkan software lain yang lebih familiar adalah Microsoft Project dan Primavera Project Manager.

10. Manajemen Kualitas

Modular dalam winQSB yang terkait dengan materi mengenai kualitas adalah acceptance sampling analysis dan quality control chart.

11. Statistik

Materi kualitas erat kaitannya dengan statistik. Untuk olah data statistik bisa menggunakan SPSS, Lisrel, Minitab, dan Amos 3. Amos adalah program aplikasi untuk metode statistik yang disebut Structural Equation Modelling (SEM). Amos cukup user friendly namun juga powerfu, dan saat ini telah terintegrasi dengan SPSS.

Terkait dengan aplikasi untuk statistik, ada juga software untuk pembelajaran materi pemasaran. Yakni aplikasi Marketing Engineering (ME). Ada yang versi terintegrasi dengan Microsoft Excel dan ada juga yang versi classic. Kemanfaatannya bisa untuk operasi seperti cluster analysis dan conjoint analysis. Software tersebut diperkenalkan oleh Gary L. Lilien and Arvind Rangaswamy.

12. Perancangan Tata Letak dan Fasilitas

Dalam winQSB terdapat modular yang bisa digunakan untuk materi perancangan tata letak, yakni facility location and layout. Software lain adalah VIP-planotp.

13. Riset Operasi

Materi ini cukup luas. Bisa dikategorikan salah satu bentuk dalam analisis keputusan, yang mana bisa memakai winQSB atau Expert Choice. Modular dalam winQSB yang terkait antara lain dyanamic programming, goal programming, linier and integer programming, markov process, nonlinier programming, quadratic programming, queuing analysis, dan queuing system simulation. Selain itu, dapat pula digunakan Solver yang tersedia dalam Microsoft Excel, Lindo, POM for Windows, QM for Windows dan Lingo.

Software diatas pada umumnya dipakai dalam perkuliahan di Jurusan Teknik Industri/Mesin Produksi dimanapun kita kuliah, sehingga sudah sewajarnya jika kita dituntut untuk mempelajari software tersebut. (Iman_dari berbagai sumber)