Senin 28 Nov 2011 08:21 AM -

Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Macromedia Flash MX.

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX . Sasaran dari pengguna media pembelajaran ini adalah kalangan umum bagi siapa saja yang memebutuhkan.

Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran aksara Jawa dengan pokok bahasan sejarah aksara Jawa dalam cerita ajisaka, aksara carakan beserta pasangan, sandhangan, aksara murda, aksara swara, aksara rekan, angka Jawa, tanda baca serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX .

Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media pembelajaran interaktif. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia kebudayaan, memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian aksara Jawa berbentuk teknologi multimedia.

Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah menentukan materi, menentukan skenario pembelajaran, menentukan diagram alir program, menentukan naskah program, membuat prototipe program, dan yang terakhir adalah uji coba dan evaluasi.

Dari hasil uji coba performance sistem, program pembelajaran aksara Jawa ini dapat dijalankan pada komputer manapun tanpa proses instalasi. Pada pengujian yang dilakukan kepada pakar multimedia, ahli budaya dan bahasa, serta koresponden umum menyebutkan program ini layak dijadikan media pembelajaran aksara Jawa. Kekurangan dalam program ini dapat diperbaiki pada pengembangan program selanjutnya ke arah yang lebih sempurna.

Kata kunci : Aksara Jawa, Media Pembelajaran, Macromedia Flash MX

A.JUDUL PROGAM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX.

B.LATAR BELAKANG MASALAH

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannya-pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Aksara ini menjadi bukti nyata adanya zaman terdahulu sebelum adanya bangsa Indonesia. Upaya pelestarian aksara Jawa ini sedang diupayakan oleh pemerintah. Salah satu upayanya adalah memasukkannya dalam kurikulum pendidikan. Sehingga bangsa Indonesia tidak kehilangan akan nilai budayanya.

Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Namun terkadang alat peraga yang digunakan masih kurang menarik dikarenakan kurang atraktif dan monoton. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi komputer terutama dalam bidang perangkat lunak yang makin pesat, sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran.

Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pembelajaran dengan komputer akan dapat membantu memahami materi tentang aksara Jawa, karena dengan komputer memungkinkan untuk menghadirkan bentuk pembelajaran yang menarik.

Dengan komputer dapat disajikan media pembelajaran yang memuat materi pembelajaran secara tekstual, audio maupun visual. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran adalah Macromedia Flash MX. Macromedia Flash MX merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool profesional yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan untuk keperluan pembangunan situs web, banner, tombol animasi, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen server dan pembuatan situs web atau pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya (Andreas Suciadi, 2003).

Dengan beberapa kemudahan itulah Macromedia Flash MX sangat mendukung dalam penerapannya sebagai pengembang media pembelajaran aksara Jawa berbentuk multimedia interaktif.

Dari uraian tersebut di atas didapatkan perincian pentingnya pengembangan media pembelajaran aksara Jawa berbentuk multimedia interaktif yaitu : aksara Jawa merupakan peninggalan budaya, perlu adanya upaya pelestarian, upaya pemerintah adalah memasukkan aksara Jawa ke dalam kurikulum pendidikan, dalam pendidikan peran media dapat membantu pembelajaran, komputer sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bentuk multimedia interaktif, sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran aksara Jawa berbentuk multimedia interaktif.

B. PERUMUSAN MASALAH

Dari uraian sebelumnya, maka dapat diambil permasalahan yaitu : bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX .

C.BATASAN MASALAH

Permasalahan yang akan dikaji :

1.Materi yang disajikan dalam media pembelajaran yang akan dikembangkan dengan Macromedia Flash MX hanya menyangkut pokok bahasan aksara carakan beserta pasangan, sandhangan, aksara swara, angka Jawa, dan tanda baca serta evaluasi berupa kuis yang didalamnya akan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran.

2.Pengujian perangkat lunak yang dibuat hanya sebatas pengujian program yang berisikan tentang materi-materi aksara Jawa.

3.Jenis perangkat lunak yang akan dibentuk merupakan jenis tutorial on-line yaitu penyajian materi pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif yang berisikan objek gambar, teks dan suara.

D.TUJUAN PROGAM

Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berbentuk multimedia untuk membantu pembelajaran aksara Jawa dengan pokok bahasan aksara carakan, sandhangan, aksara swara, wilangan serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX .

E.LUARAN KEGIATAN

Karya pengembangan media pembelajaran aksara jawa Dengan macromedia flash mxdiharapkan akan diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Perancangan Media pembelajaran mandiri yang interaktif

2. Melestarikan aksara jawa sebagai budaya kita

3. Program Pembelajaran Aksara Jawa

F.KEGUNAANPROGAM

Secara umum media mempunyai kegunaan dapat memperjelas pesan agar tidak terlalu verbal. Media dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra. Dengan media akan menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara pembelajar dengan sumber belajar, memungkinkan pembelajar belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori &kinestetiknya.

Secara umum media pengajaran bahasa dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu media pandang (visual aids), media dengar (audio aids) dan media dengarpandang (audio-visual aids). Media pandang dapat berupa benda-benda alamiah, orang dan kejadian; tiruan benda-benda alamiah, orang dan kejadian; dan gambar benda-benda alamiah, orang dan kejadian (Effendi, 1984). Dimulai dari media pengajaran bahasa inilah tercipta suatu media pembelajaran dalam bentuk audio visual. Media pembelajaran audio visual dapat dihadirkan dengan bantuan komputer yang memungkinkan suatu bentuk media pembelajaran yang menarik.

Menurut Heinich, dkk (1985) media pembelajaran adalah media-media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan pembelajaran atau mengandung maksud-maksud pembelajaran. Sedangkan menurut Martin dan Briggs (1986) mengemukakan bahwa media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan si-belajar. Hal ini bisa berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada perangkat keras. Demikian pula menurut H. Malik (1994) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan si belajar dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Dengan demikian media pembelajaran adalah suatu media yang berfungsi untuk membawakan pesan pembelajaran.

G.TINJAUAN PUSTAKA

Program Pembelajaran Aksara Jawa

Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya program pembelajaran aksara Jawa yang berbasis multimedia yang di dalamnya lebih banyak didominasi oleh animasi teks serta suara. Program pembelajaran aksara jawa ini juga bisa digunakan sebagai tutorial interaktif, pengguna secara aktif mengikuti semua materi yang disampaikan dan memberikan interaksi timbal balik dengan program. Pembuatan program pembelajaran aksara Jawa ini menggunakan Macromedia Flash MX 2004 yang disimpan Dengan file ekstensi (.exe).

Macromedia Flash MX merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool profesional yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, banner, tombol animasi, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen server, dan pembuatan situs web atau pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya (Andreas Suciadi, 2003 : 3) Program ini berbasis vektor grafis, jadi aksesnya lebih cepat dan terlihat halus pada skala resolusi layar berapapun. Program ini juga dapat diisi dengan bitmap yang di-impor dari program lain. Salah satu keunggulannya adalah ukurannya yang begitu kecil namun dapat menampilkan animasi web yang mengagumkan. Flash juga mempunyai kemampuan untuk membuat animasi secara streaming, yaitu dapat menampilkan animasi langsung meskipun proses download dan loading belum selesai seluruhnya. Selain itu, dengan Flash MX juga dapat dibuat movie kartun dan aplikasi web interaktif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi yang dibuat.

Movie Flash juga bisa memasukkan unsur interaktif dalam movie-nya dengan Action Script (bahasa pemrograman di Flash) sehingga user bisa berinteraksi dengan movie melalui keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian-bagian yang berbeda dari sebuah movie, memindahkan objek-objek, memasukkan informasi melalui form, dan operasi-operasi lainnya.

Kelebihan lain yang dimiliki program Macromedia Flash adalah mampu membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain. Macromedia Flash mampu membuat perubahan transparansi warna dalam movie. Macromedia Flash mampu membuat perubahan animasi dari satu bentuk ke bentuk lain dan mampu membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan. Dengan Macromedia Flash, file dapat dikonversi dan dipublikasikan (publish) ke dalam file aplikasi (.exe).

Program dapat dijalankan dikomputer manapun tanpa menginstall software master Macromedia Flash MX. File flash yang dihasilkan ada 17 file (.fla), 17 file (.swf) serta 1 file (.exe). Hal ini dikarenakan isi materi pembelajaran aksara Jawa banyak. Satu pokok bahasan memerlukan satu file yang masing-masing. Ukuran semua file (.fla) adalah 148 Mega byte, sedangkan ukuran semua file (.swf) adalah 28,1 Mega byte, dan untuk file yang berekstensi (.exe) adalah 3,61 Mega byte. File yang akan diberikan kepada pengguna adalah 17 file (.swf) dan 1 file (.exe) dengan kapasitas file keseluruhan adalah 4,968 Mega byte. Jika biasanya semua file ditempatkan dalam satu folder yang tidak dapat dipisahkan dan Jika 17 file (.swf) tidak menyatu dengan file (.exe), maka program pembelajaran tidak dapat dijalankan dengan sempurna. Berbeda dengan program ini yang menjadi satu kesatuan tanpa ada pengelompokan dalam suatu folder yang dijadikan satu, sehingga memudahkan user dalam penggunaan Pembuatan program pembelajaran aksara Jawa ini. File yang diberikan ke user tidak dapat diubah.

H.METODE PELAKSAAN PROGAM

Orang Jawa sudah mempunyai bentuk penulisan aksara, yang dianggap adi luhung leluhur bangsa Jawa hingga kini (Slamet Riyadi 1996:1). Aksara Jawa, merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannya-pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Aksara Jawa yang ada pada masa kini adalah hasil daripada pembentukan kembali bentuk dan gaya aksara Jawa Kuna (kuno) (Raffles 1982:370).

Macromedia Flash MX Macromedia Flash MX merupakan program aplikasi standar authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. (Andreas Suciadi, 2003 :1) Dari landasan di atas melatarbelakangi upaya pengembangan media pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX. Aksara Jawa merupakan peninggalan budaya yang perlu dilestarikan, salah satunya adalah upaya pemerintah memasukkan aksara Jawa dalam kurikulum pendidikan. Suatu media pembelajaran sangat berpengaruh dalam pendidikan. Media pembelajaran yang menarik adalah dengan komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu program aplikasi untuk pembuatan multimedia interaktif adalah Macromedia Flash MX.

Media pembelajaran aksara Jawa berbasis multimedia berisikan beberapa objek multimedia diantaranya adalah teks, gambar, suara, dan animasi. Bentuk pembelajaran aksara Jawa adalah penyampaian materi aksara Jawa dalam bentuk teks yang berjalan diikuti suara, menampilkan huruf huruf aksara Jawa yang dihadirkan dengan animasi membesar dengan diikuti dengan pengucapan dari huruf tersebut, merangkaiakan huruf menjadi sebuah kata yang juga diikuti pengucapan kata tersebut, memberikan latihan soal yang jika jawaban benar maka animasi teks dari jawaban berjalan dengan diikuti pengucapan benar atau 36 salah, memberikan test dan evaluasi dimana pengguna hanya diberi satu kali kesempatan menjawab sedangkan diakhir soal akan ditampilkan prosentase keberhasilan dalam menjawab. Pembuatan media pembelajaran aksara Jawa ini menggunakan program aplikasi Macromedia Flash MX. Hasil pembuatan akan disimpan dalam file yang ber-ekstensi (.fla) yang kemudian dipublish dalam file ber-ekstensi (.swf) dan (.exe) sebagai file aplikasi. Pokok materi dalam aksara Jawa ini ada 10 materi ditambah materi evaluasi, sehingga setiap materi akan disimpan dalam satu file karena isi setiap materi sangat banyak. Setelah semua materi dibuat maka untuk menjadikan materi pembelajaran yang utuh dibuatlah menu utama yang disimpan dalam satu file yang fungsinya menghubungkan antara satu materi dengan materi lainnya.

I.JADWAL KEGIATAN PROGAM

No

Rincian Kegiatan Program

Pelaksanaan Bulan Ke-

1

2

3

1.

Persiapan pelaksanaan program

2.

Pembuatan Program dan menganalisa program dengan data asli

3.

Pembuatan laporan

A.KERANGKA BERFIKIR

SULIT BELAJAR AKSARA JAWA,MACROMEDIA FLASH MX,BELAJAR MUDAH & MENYENAGKAN


Keterangan:

Dari tabel diatas telah di gambarkan secara jelas bahwa belajar aksara jawa sangatlah sulit, tidak dapat kita pungkiiri bahwa aksara jawa dan bahasa jawa di negara kita sedikit demi sedikit mulai luntur. Untuk itu agar proses belajar mengajar dapat lebih mudah dan menyenangkan kita menggunakan Macromedia flash MX sebagai alat bantu. Dengan menggunakan Macromedia flash MX kita dapat mengemas dengan lucu, menarik dan mudah diingat. Selain itu saat ini zaman juga semakin maju dan berkembang, maka tidaklah heran jika setiap anak sudah memiliki HP (handpone) yang memili fasilitas yang memadahi, untuk itu kami menciptakan sebuh Film pendek yang dapat dikirimkan via bluetooth. Karena belajar tidak hanya dengan buku melainkan dengan film atau apapun kita bisa belajar. Dengan kemasan yang lucu, menarik dan mudah di ingat maka akan banyak anak yang senang untuk mengkonsumsinya. Dengan demikian proses belajar akan terlaksana dengan mudah dan cepat.