Perbedaan Prestasi Belajar Matematika siswa Yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dengan Pembelajaran Konvensional

Jum'at 05 Aug 2011 08:10 AM Alim Sumarno, M.Pd

ABSTRAK

Agustin, Ririn. 2005. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumobito Yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Asari A. R., M.Pd., Pembimbing (II) Dra. Tri Hapsari U., M.Pd. Latar belakang penelitian ini yaitu adanya kenyataan di lapangan bahwa belajar matematika di SMPN masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Salah satunya pada pokok bahasan teorema Pythagoras, hal ini dimungkinkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Ini dapat diamati dari kegiatan pembelajaran dalam kelas yang cenderung didominasi oleh guru. Oleh karena itu, perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif, agar dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep teorema Pythagoras.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMPN I Sumobito setelah mengikuti pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pokok bahasan teorema Pythagoras.Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu karena unit analisis sampel yang digunakan dalam penelitian ini bukan individu, tetapi individu yang tergabung dalam kelompok, yaitu kelas. Peneliti dalam penelitian ini bekerja mengumpulkan dan menganalisa data serta bertindak sebagai pengajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak, yaitu IIE sebagai kelas eksperimen dan IIF sebagai kelas kontrol. Analisa data dilaksanakan selama dan sesudah pengumpulan data melalui langkah-langkah yang tersusun secara sistematis sebagai berikut: (1) mereduksi data; (2) menyajikan data; (3) menyimpulkan data.Berdasarkan hasil analisa yang menggunakan uji hipotesis dengan uji t diperoleh bahwa prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw lebih baik dari yang konvensional. Hal ini berarti ada peningkatan yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif model Jigsaw.Belajar kooperatif akan lebih baik diterapkan pada pembelajaran teorema Pythagoras khususnya jika: (1) waktu untuk mensosialisasikan belajar kooperatif cukup banyak; (2) adanya sarana dan prasarana yang memadai; (3) siswa sudah terkondisikan dan terbiasa dengan kegiatan diskusi.