Penggunaan metode eksperimen berbasis verifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Jum'at 05 Aug 2011 10:35 AM Alim Sumarno, M.Pd

ABSTRAK

Rumain, Saiful. 2010. Penggunaan metode eksperimen berbasis verifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV mata pelajaran IPA konsep Gaya SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sukamti, M. Pd (2). Drs. Ir. Endro Wahyuno, M. Si
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam yang sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek perkembangan lebih lanjut dalam penerapannya dikehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjalajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. (Depdiknas, 2006:12)Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi siswa kelas IV SDN Gejugjati I diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena penerapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru di SDN Gejugjati I khususnya dikelas IV masih berfokus pada metode ceramah yang hanya menjadikan siswa sebagai objek belajar bukan subjek belajar. Berdasarkan permasalahan diatas maka dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen berbasis verifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dampak dari penggunaan metode eksperimen berbasis verifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kerja ilmiah siswa.Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berbentuk tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Planning, action, observation, dan reflection. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gejugjati I kecamatan lekok Pasuruan dengan jumlah siswa 37 18 putra dan 19 putri Dalam penelitian ini siswa mengalami peningkatan hasil kerja ilmiah dari siklus I dengan nilai rata-rata 67% ke siklus ke-II dengan nilai rata-rata 71%, sehingga dapat diketahui adanya peningkatan kerja ilmiah sebesar 4%. Begitupun juga dengan hasil belajar kognitif siswa yang meningkat dari siklus I dengan nilai rata-rata 68 ke siklus II dengan nilai rata-rata 78. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 62 % dan pada siklus ke-2 meningkat menjadi 89%. Dari hasil penilitian tersebut disarankan agar memilih metode eksperimen berbasis verifikasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa maupun kerja ilmiah pada mata pelajaran IPA di SD