Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Mata Pelajaran Ips Materi Pokok Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Di Sdn 1 Lidah Kulon Surabaya

Jum'at 23 Sep 2011 09:21 PM Alim Sumarno, M.Pd

Emy Dwijayanti

ABSTRAK

SDN Lidah Kulon 1 Surabaya memiliki permasalahan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar masih menerapkan pengajaran yang konvensional dengan metode ceramah dan membuat catatan singkat di papan tulis. Sehingga sebagian besar dari siswa tidak faham tentang apa yang mereka tulis sendiri. Siswa bingung mana yang termasuk kata kunci yang penting dan yang kurang penting untuk dipelajari. Berdasarkan hal itu, maka perlu diberikan pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan karakteristik siswa yaitu strategi Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penerapan strategi Mind Mapping dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi pokok perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi siswa kelas IV-C di SDN 1 Lidah Kulon Surabaya. Hipotesisi Nol (Ho) dari penelitian ini adalah Tidak ada pengaruh penerapan Mind Mapping (peta pikiran) terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) adalah Ada pengaruh penerapan Mind Mapping (peta pikiran) terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan Experimen dengan jenis penelitian Kuantitatif. Menggunakan desain Pre Experimental Design atau quasi experiment dengan model Pre-test and Pos-tes group Design. Instrumen Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi serta teknik analisis data hasil eksperimen melalui pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon. Sasaran utama penelitian ini adalah siswa SDN Lidah Kulon 1 Surabaya kelas IV-C dengan jumlah siswa 39 anak.Hasil observasi terhadap guru saat penerapan strategi Mind Mapping mendapatkan rerata yang cukup tinggi yaitu 88,42% . Sedangkan observasi pada siswa dengan strategi Mind Mapping mendapatkan rerata 89,76 %. Hasil nilai tes dari nilai pre- test nilai rata- rata siswa 77,43 Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada saat post test rata-rata siswa meningkat menjadi 87,17. Sejalan dengan hal tersebut, uji Wilcoxon menunjukkan hasil uji beda sebesar 4,80 lebih besar dari ttabel 1,96. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan metode Mind Mapping berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa siswa kelas IV SD mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Kata Kunci : Penerapan, Strategi Mind Mapping, Prestasi Belajar, IPS