Pemanfaatan Internet Sekolah Sebagai Sumber Belajar Alternatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Di Smpn 34 Surabaya

Selasa 27 Sep 2011 04:18 PM Alim Sumarno, M.Pd

Nur Fatmawati

ABSTRAK

Hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran TIK antara lain: proses pembelajaran masih bersifat konvensional, hanya menggunakan buku paket, guru selalu mendominasi kelas, guru sulit menciptakan interaksi antara peserta didik dengan guru dan antara peserta didik satu dengan peserta didik lainya. Peneliti mencoba memanfaatkan internet sebagai sumber belajar alternatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pemanfaatan internet, mengetahui aktivitas belajar dan mengetahui hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaranya setelah memanfaatkan internet pada mata pelajaran TIK di SMPN 34 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian pre exsperimental desain atau sering disebut juga dengan quasi experimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest -posttest desain. Adapun Lokasi penelitiannya di sekolah SMPN 34 Surabaya. Dengan subyek penelitian adalah kelas IXD. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu: pemanfaatan internet sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan ada dua, yaitu: metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data pemanfaatan internet dan aktifitas siswa, dan metode tes di gunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik .Menunjukkan bahwa hasil analisis data observasi aktifitas siswa ketika memanfaatkan internet sebagai sumber belajar alternatif diperoleh hasil 89,58%, dan hasil data observasi aktifitas guru ketika memanfaatkan internet sebagai sumber belajar alternatif diperoleh hasil 92,30%. Uji hasil tes diperoleh nilai t hitung 11,07 dengan db = 31 menggunakan taraf signifikan 5% sehingga di peroleh t tabel 2,02. Maka t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,07 > 2,02. Jadi berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatkan internet sekolah sebagai sumber belajar alternatif dalam pembelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah.