Menentukan Nilai Akhir dan Menafsirkan

Rabu 01 Jun 2011 04:08 AM Alim Sumarno, M.Pd

Nilai akhir sangat penting baik bagi peserta didik, guru, orangtua peserta didik kepala sekolah dan masyarakat. Hal ini sesuai dengan fungsi nilai akhir. Nilai akhir mempunyai berbagai fungsi.Fungsi nilai akhirSeperti dikemukakan Arikunto (1987: 280) bahwa fungsi nilai akhir adalah:
  1. Fungsi instruksional:Tujuan utama pembelajaran adalah tercapainya kompetensi atau tujuan instruksional. Oleh karena itu pemberian nilai merupakan usaha pemberian balikan yang dapat dipakai oleh peserta didik maupun guru untuk mengetahui seberapa jauh tujuan tersebut telah tercapai. Apabila pemberian nilai itu dilakukan secara teliti dan terinci maka akan lebih mudah untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan setiap bagian tujuan. Oleh karena itu penggabungan beberapa nilai menjadi nilai akhir akan mengaburkan bahkan menghilangkan arti yang semula telah ditetapkan. Nilai rendah yang diperoleh peserta didik yang disajikan secara rinci akan dapat membantu peserta didik itu sendiri untuk memotivasi atau memperbaiki prestasi yang akan datang. Dan bagi guru hal ini akan mudah untuk melakukan remidi pada bagian-bagian yang tertentu.
  2. Fungsi informatif:Memberikan nilai peserta didik kepada orangtua membuat orangtua mengetahui kemajuan dan prestasi anaknya. Hal demikian akan membuat orangtua dapat memberikan bantuan belajar/menyediakan sarana belajar. Hal ini juga dapat membuat kerja sama antara orangtua dengan sekolah akan lebih baik.
  3. Fungsi bimbingan:Bagi petugas bimbingan adanya laporan nilai dapat membantu memusatkan perhatian pada aspek tertentu bantuan mana akan diberikan. Bukan hanya yang berhubungan dengan prestasi tetapi juga yang menyangkut aspek sikap dan kepribadian.
  4. Fungsi administrative:Yang dimaksud dengan fungsi administrative pada penilaian adalah menyangkut menentukan kenaikan atau kelulusan, memindahkan atau menempatkan peserta didik, memberikan beasiswa, memberikan rekomendasi untuk melanjutkan belajar, serta memberikan gambaran tentang prestasi belajar peserta didik kepada calon pemakai tenaga kerja.
Menetukan nilai akhir
  1. Pada bab pengolahan skor berdasarkan stndar mutlak telah disinggung mengenai nilai akhir. Nilai akhir yang diperoleh dari skor berdasarkan standar mutlak adalah rata-rata dari semua nilai dalam satu semester untuk bidang studi itu.
  2. Penilaian pada KBK, pengolahan skor menjadi nilai telah dibahas. Pada tiap bidang studi ada nilai Blok. Nilai Blok dapat merupakan rata-rata nilai ranah kognitif dan dapat pula rata-rata nilai ranah psikomotor. Oleh karena itu nilai akhir tiap bidang studi adalah rata-rata dari nilai Blok. Nilai rata-rata tersebut tidak termasuk nilai afektif. Nilai afektif tidak dapat dijumlahkan dengan nilai kognitif dan psikiomotor karena dimensinya berbeda. Ulangan Blok pada tiap bidang studi dapat tidak sama banyaknya.
  3. Nilai akhir pada penilaian yang menggunakan acuan PAR adalah rata-rata nilai dari pengolahan skor berdasarkan skala 10 atau skala 100 seperti telah dibahas di depan. Kecuali ada aturan seperti pada kurikulum 1994 yang memperhatikan nilai ulangan formatif, ulangan sumatif, dan nilai kokurikuler atau nilai tugas dengan rumus dan pembobotan tertentu.(Arikunto: 283-286)
Menafsirkan nilai akhirMenafsirkan nilai akhir adalah membandingkan atau mempertimbangkan terhadap kriteria tertentu, misalnya kriteria kelulusan atau kenaikan kelas yang sering disebut batas lulus. Dalam penilaian pada KBK batas lulus tersebut adalah 75%. Ini artinya peserta didik harus menguasai kompetensi dasar minimal 75 % atau pada skala nilai 100, peserta didik minimal harus mencapai nilai 75. Jadi menafsirkan nilai peserta didik itu membandingkan nilai peserta didik itu dengan nilai 75 itu. Nilainya ada pada atau di atas/dibawah 75. Kalau nilai ada di bawah seberapa jauh, dan kalau di atas seberapa tinggi. Hal ini penting untuk tindak lanjut bagi pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru.Setelah peserta didik memperoleh nilai akhir, apa tindak lanjutnya? Baik bagi guru maupun peserta didik dapat menindaklanjuti dengan: terus ke semester berikutnya/pengayaan, atau mengadakan/ mengikuti pembelajaran remidi.