Klasifikasi Materi Pembelajaran

Kamis 28 Jul 2011 07:01 AM Alim Sumarno, M.Pd

Jenis materi pembelajaran dibedakan menjadi 4 yaitu : fakta, konsep, prinsip, dan prosedural. Materi jenis fakta adalah materi berupa nama-nama objek, nama tempat, nama orang, lambang, peristiwa sejarah, nama bagian atau komponen suatu benda, dan lain sebagainya. Materi konsep berupa pengertian, definisi, hakikat, inti isi. Materi jenis prinsip berupa dalil, rumus, postulat adagium, paradigma. Materi jenis prosedur berupa langkah-langkah menelepon, cara-cara pembuata telur asin, cara-cara pembuatan bel listrik, dsb.Materi yang akan diajarkan perlu diidentifikasi apakah termasuk fakta, konsep, prinsip, prosedur, atau gabungan lebih dari satu jenis materi. Dengan mengidentifikasi jenis-jenis materi yang harus dipelajari siswa, maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam cara mengajarkannya. Hal ini disebabkan, setiap jenis materi pembelajaran memerlukan strategi pembelajarannya atau metode, media, dan sistem penilaiannya yang berbeda-beda. Misalnya metode mengajarkan materi fakta atau hafalan adalah dengan menggunakan jembatan keledai, sedangkan metode untuk mengajarkan prosedurallah adalah demonstrasi.Dengan mengacu pada kompetensi dasar, kita akan mengetahui apakah materi yang harus dipelajari siswa itu berupa fakta, konsep, prinsip, atau prosedur. Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis materi pelajaran yang harus dipelajari siswa adalah dengan jalan mengajukan pertanyaan tentang kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa :
  1. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa mengingat nama suatu objek, simbol atau suatu peristiwa? Kalau jawabannya ya maka materi pembelajaran yang harus dipakai adalah fakta. Contoh: Nama dan lambang zat kimia, nama-nama organ tubuh manusia.
  2. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa konsep yang menyatakan suatu definisi, menulis ciri khas sesuatu, mengklasifikasi atau mengelompokkan, beberapa comtoh objek sesuai dengan suatu definis? Kalau jawabannya ya berarti materi yang harus diajarkan adalah konsep. Contoh : Seorang guru Biologi menunjukkan beberapa tumbuhan-tumbuhan kemudian siswa diminta untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan mana yang termasuk tumbuhan berakar serabut dan berakar tunggang.
  3. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa menjelaskan atau melakukan langkah-langkah atau prosedur secara urut atau membuat sesuatu? Bila ya maka materi yang harus diajarkan adalah prosedur. Contoh : Seorang guru Sosiologi mengajarkan bagaimana proses penyusunan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan dalam mewujudkan masyarakat madani. Seorang guru fisika mengajarkan bagaimana membuat magnit buatan. Seorang guru kimia mengajarkan bagaimana membuat sabun mandi.
  4. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa menentukan hubungan antara beberapa konsep, atau menerapkan hubungan antar berbagai macam konsep? Bila jawabannya ya, berarti materi pelajaran yang harus diajarkan termasuk dalam kategori prinsip. Contoh : Seorang guru Ekonomi menerangkan hubungan antara penawaran dan permintaan suatu barang dalam lalu lintas ekonomi. Jika permintaan naik sedangkan penawaran tetap, maka harga akan naik. Seorang guru Matematika menerangkan cara menghitung luas persegi panjang. Luas persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar.
Tipe, klasifikasi, atau jenis-jenis materi pembelajaran juga mempunyai hubungan yang erat dengan perumusan indikator dan tes. Materi pembelajaran yang termasuk dalam kategori fakta, perumusan indikatornya berbunyi siswa dapat menyebutkan, sedangkan tesnya berbunyi Sebutkan dan seterusnya.Untuk membantu memudahkan memahami keempat jenis materi pembelajaran tersebut, diperhatikan tabel dibawah ini.

Fakta

Konsep

Prosedur

Prinsip

Menyebutkan kapan, berapa, nama dan di mana Definisi, identifikasi, klasifikasi, ciri-ciri Diagram alir (flowchart), langkah-langkah mengerjakan urut. Penerapan dalili, hukum, atau rumus; hipotesis, hubungan antar variabel (Jika ... Maka ....).
Berbagai sumber dapat kita gunakan untuk mendapatkan materi pembelajaran dari setiap kemampuan dasar, seperti:(a) Buku teks dan buku bacaan/referensi(b) Laporan hasil penelitian(c) Jurnal (penerbitan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah)(d) Majalah ilmiah(e) Pakar bidang studi(f) Profesional(g) Buku kurikulum, dan lain-lain.Perlu diingat, dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis kompetensi, buku-buku atau penerbitan tersebut hanya merupakan bahan rujukan. Artinya, tidaklah tepat jika hanya menggantungkan diri pada sebuah buku teks sebagai satu-satunya sumber materi. Mengajar bukanlah menyelesaikan satu buku, tetapi membantu siswa mencapai kompetensi. Karena itu, hendaknya guru menggunakan banyak sumber materi. Bagi guru, sumber utama untuk mendapatkan materi pelajaran adalah buku teks/buku bacaan/referensi dan buku kurikulum.Berikut disajikan contoh materi pembelajaran termasuk dalam suatu kompetensi dasar mata pelajaran Biologi.Contoh :Mekanisme transportasi pada sel meliputi proses difusi dan osmosis dan transiportasi aktif. Pada makhluk hidup tertentu mekanismenya dapat melalui proses enndositosis atau eksossitas. Dengan demikian agar siswa dapat menguasai kompetensi dasar berupa kemampuan menguraikan mekanisme transportasi pada sel harus mempelajari ketiga materi tersebut. Hasilnya dapat disajikan dalam tabel sebagai berikut.Tabel : Contoh penjabaran Kompetensi Dasar Menjadi kompetensi Pokok

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

1. Mendiskripsikan Pendapatan Nasional 1.1. Pendapatan Nasional