Identifikasi Jenis-Jenis Materi Pembelajaran

Kamis 28 Jul 2011 07:56 AM Alim Sumarno, M.Pd

Materi pokok/pembelajaran adalah pokok-pokok maeri yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa.Jika kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk kata kerja, maka materi pokok/ pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kata benda, atau kata kerja yang dibendakan. Misalnya jika kompetensi dasar yang harus dicapai Agar siswa mampu melakukan perhitungan rugi laba, maka materi pembelajarannya adalah cara menghitung rugi laba. Jika kompetensi yang harus dicapai Agar siswa mampu mendeskripsikan madani, maka materi pembelajarannya berupa Masalah-masalah dalam mewujudkan masyarakat madani.Selanjutnya, materi pembelajaran atau pokok-pokok materi tersebut perlu dirinci atau diuraikan kemudian diurutkan untuk memudahkan kegiatan pembelajarannya. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam merinci atau menguraikan materi pembelajaran adalah pertama menentukan jenis materi pembelajaran.Berikut disajikan dua jenis klasifikasi materi pembelajaran. Pertama klasifikasi materi pembelajaran menjadi pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural (Marzano & Kendall, 1996: 16). Kedua klasifikasi materi pelajaran menjadi 4 sains, yaitu : Fakta, konsep, prinsip, dan prosedur (Reigeluth, 1987:98).Klasifikasi pertama, pembagian jenis materi pelajaran menjadi pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Pengetahuan deklaratif berisi informasi, konsep, generalisasi, fakta dan lain sebagainya. Pengetahuan prosedural berisi keterampilan proses. Dalam rangka pengembangan silabus, isi atau materi pembelajaran perlu dirumuskan dalam istilah standar.