Ahmad Febriant Prima Putra

Function Class pada C++

by AHMAD FEBRIANT PRIMA PUTRA on Minggu 10 Mar 2013 10:59 PM


Pembahasan kita kali ini, adalahh pengunaan fungsi "Class" pada C++. Sebelumnya bedakan dulu, bahwasanya Bahasa C dengan Bahasa C++ ada sedikit perbedaan. Bahasa C adalah bahasa pemograman prosedural sedangkan C++ adalah bahasa berorientasi object.


Oke, mari kita mulai, apa sih itu fungsi class pada C++ ? Menindaklanjuti pernyataan Bahasa C++ sebagai bahasa pemograman berorientasi object, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class,

Coba kita lihat kode yang sesungguhnya :

#include<stdio.h> #include<Conio.h> #include<iostream.h>
//-------------------- // main program class //-------------------- class data { public: int sks; int nilaitot; void input() { cout<<"masukkan jumlah sks: "; cin>>sks; cout<<"masukkan jumlau nilai: "; cin>>nilaitot; }; void akhir() { total=nilaitot/sks; }; float hasil() { return total; }; private: float total; };
void main() { data mahasiswa; mahasiswa.input(); mahasiswa.akhir(); cout<<"Nilai IP-nya: "<<mahasiswa.hasil(); }
Penjelasan :

#include<stdio.h> #include<Conio.h> #include<iostream.h> Merupakan input library yang terdapat di C++, dimana setiap library memiliki syntax tertentu yang digunakan dalam pemogramannya, sebagai contoh library yang dimasukkan adalah stdio.h (digunakan untuk operasi input output (stdio = Standard Input and Output)) ; Conio.h (digunakan untuk library funtions getche() atau getch()dalam program) ; iostream.h (Standard Input / Output Streams Library)

class data Merupakan class yang akan digunakan pada program ini, atau bisa dikatakan sebagai main class program.

{ public: int sks; int nilaitot; void input() { cout<<"masukkan jumlah sks: "; cin>>sks; cout<<"masukkan jumlau nilai: "; cin>>nilaitot; }; void akhir() { total=nilaitot/sks; }; float hasil() { return total; }; private: float total; }; Di dalam program diatas, dapat kita simpulkan, ada beberapa syntax yang terbagi dalam void , cout , cin , dan float.
  • voidberfungsi sebagai tipe data angka genap asli dan di panggil menggunakan %d
  • cout berfungsi untuk mencetak variabel/konstanta/pernyataan matematis ke layar komputer tanpa menggunakan format specifier. Fungsi ini terdapat dalam library "iostream.h".
  • cin berfungsi untuk menginput data dari keyboard tanpa menggunakan format specifier dan menyimpannya dalam variabel. Fungsi ini terdapat dalam library "stdio.h".
  • float berfungsi sebagai tipe data angka yg berkoma dan di panggil menggunakan %f
void main() { data mahasiswa; mahasiswa.input(); mahasiswa.akhir(); cout<<"Nilai IP-nya: "<<mahasiswa.hasil(); } Mari kita telaah, ini merupakan baris code untuk memanggil Class "mahasiswa" dan memanggil fungsi "input()" di main fungsi. Dan akan di output kan menggunakan Cout

Cukup jelas ? Bagaimana ? Bingung, atau jika kurang jelas, bisa menggunakan form komentar dibawah ini untuk mengirimkan komentar. Saya akan jawab semampunya. :)
NB : Program diatas berhasil di compile menggunakan Borland C++ dan di save dengan ekstensi *.cpp

Referensi :
Blog (amricosblog ; ayamjagomerah ; irhandiferianto.orgfree ; blognapibelog Thanks to Tutorial application -- 81@yahoo.com.cpp | by Master Darkness18 for program.Catatan seorang ./hacktivist :
Ahmad Febriant